Survei Kesuburan Tanah

trainingmindmapping

SURVEI KESUBURAN TANAH

Sistem pertanian di Indonesia, khususnya pada aspek budidaya dikelompokkan dalam dua bagian, yaitu pertanian lahan basah/ sawah dan pertanian lahan kering. Perhatian pemerintah terhadap pembangunan pertanian saat ini lebih banyak diprioritaskan pada pembangunan lahan-lahan beririgasi, sehingga sebagian besar dana dan daya dialokasikan untuk program-program seperti intensifikasi, pembangunan jaringan pengairan, dan pencetakan sawah.

Sementara itu, terkonsentrasinya pengembangan pertanian pada lahan beririgasi menyebabkan kurang berkembangnya teknologi pada ekosistem lainnya, seperti pada lahan-lahan kering. Stagnannya pembangunan jaringan infrastruktur pengairan, serta semakin meningkatnya alih fungsi lahan disinyalir akan semakin menurunkan jumlah lahan pertanian basah. Di sisi lain, lemahnya perhatian pengembangan usaha pertanian pada lahan kering menyebabkan teknologi maupun agroekosistem lainnya masih belum mampu meningkatkan produktivitas pertanian di lahan kering secara signifikan.

TUJUAN SURVEY KESUBURAN TANAH

Secara umum tujuan penelitian ini adalah sebagai dasar untuk pengambilan keputusan dalam pengembangan pertanian dalam arti luas. Tujuan ini dicapai melalui tujuan khusus sebagai berikut:

  1. Diperolehnya hasil kajian peta satuan lahan di Kabupaten Humbang Hasundutan sesuai dengan peruntukan dan Tata Ruang Wilayah.

  2. Diketahuinya komoditas yang sesuai dan memiliki prospek yang baik untuk dipasarkan (marketable) dan menguntungkan (profitable) yang layak dikembangkan sesuai dengan kesuburan tanah dan agroklimat Kabupaten Humbang Hasundutan.

  3. Memberikan rekomendasi pemupukan dan rekomendasi teknologi untuk  mengoptimalkan pemanfaatan lahan di Kabupaten Humbang Hasundutan.

KELUARAN YANG DIHARAPKAN

Keluaran yang diharapkan dari studi ini adalah berupa kajian kualitas daya dukung tanah dan rekomendasi penanganan dan pengelolaan lahan guna pengembangan kegiatan ekonomi Kota.   Keluaran yang dihasilkan dari studi ini adalah:

  1. Peta lahan dan agroklimat untuk pengembangan pertanian dalam arti luas

  2. Jenis komoditas yang sesuai dengan penelitian kesesuaian lahan dan kesuburan tanahnya.

  3. Rekomendasi pemupukan dan rekomendasi teknologi untuk mengoptimalkan lahan

INGIN TAHU LEBIH LANJUT...

Untuk mengetahui program dan pelatihan kami selengkapnya, kirimkan pesan anda...