PELATIHAN MENYUSUN BUSINESS PLAN

APA ITU BUSINESS PLAN

Business Plan adalah dokumen tertulis yang disiapkan oleh wirausaha yang mengambarkan semua unsur-unsur yang relevan baik internal, maupun eksterhal mengenai perusahaan untuk memulai sewaktu usaha. Isinya Bering merupakan perencanaan terpadu menyangkut pemasaran, permodalan, manufaktur dan sumber daya manusia.

TUJUAN BUSINESS PLAN

1. Memberikan arahan pembangunan 5 (lima) tahun kedepan, yang akan digunakan sebagai pedoman penyusunan rencana kerja tahunan.

2. Memberikan arahan pengembangan dan sasaran yang hendak dicapai dalam 5 (lima) tahun ke depan.

Business plan disusun untuk memberikan analisis terhadap rencana pengembangan perusahaan. Secara khusus, kegiatan ini akan mengkaji aspek legal, profil wilayah, visi – misi, kesesuaian teknis pengembangan, pasar dan pemasaran, sosial dan lingkungan, manajemen dan SDM, serta aspek finansial untuk menentukan manfaat ekonomis, workability legal dan teknis serta kelayakan finansial, dan sensitivitasnya terhadap faktor-faktor ekonomi, teknis dan finansial yang kritis terhadap rencana pengembangan bisnis.
 

LINGKUP KEGIATAN / KAJIAN

  1. Aspek Legal

  2. Profil Wilayah

  3. Visi - Misi

  4. Kesesuaian Teknis Pengembangan

5. Pasar dan Pemasaran

6. Sosial dan Lingkungan

7. Manajemen dan SDM

8. Aspek Financial

METODOLOGI BUSINESS PLAN

Aspek Legalitas

Dalam aspek ini akan diuraikan mengenai maksud dan tujuan pendirian perusahaan, permodalan, para pemegang saham saat ini, komisaris dan direksi serta ijin-ijin yang telah diperoleh sampai saat ini.

 

Aspek Keadaan Industri Project

Aspek ini menggambarkan keadaan makro dan mikro industri kelepa sawit berupa kondisi dan parameter makro industri, karakteristik industri project, pohon industri project, peta potensi wilayah project di Indonesia.

Gambaran Umum Lokasi Project

Dalam aspek ini diuraikan mengenai kondisi calon lokasi proyek dilihat dari administrasi, iklim dan curah hujan, status lahan dan tata guna lahan saat ini, keadaan tanah, hidrologi, vegetasi dan kependudukan dan tenaga kerja.

Penilaian Kesesuaian Lahan di Areal Rencana Proyek

Aspek ini menggambarkan kondisi lahan dilihat dari kesesuaian lahan, metode evaluasi kesesuaian lahan, proses penyaringan lahan, hasil evaluasi kesesuaian lahan dan ketersediaan lahan

Aspek Teknis

Dalam aspek ini akan diuraikan mengenai persiapan lahan, bahan tanaman, syarat pertumbuhan, pemeliharaan tanaman, produksi dan panen, jadwal pembangunan kebun serta pengolahan.

Aspek Sponsor dan Manajemen

Dalam aspek ini akan diuraikan mengenai manajemen dan organisasi perusahaan, serta tugas dan kewenangan dari fungsi organisasi, Jumlah dan spesifikasi tenaga kerja dan pengembangan sumberdaya manusia

Aspek Financial

Dalam aspek ini akan dianalisis mengenai rencana total biaya yang diperlukan, sumber pembiayaan, harga jual dan proyeksi penjualan, kalkulasi biaya produksi, kalkulasi biaya operasi perusahaan, proyeksi laba rugi, proyeksi neraca, proyeksi arus kas, analisis kelayakan, dan proyeksi pendanaan dan pelunasaan kredit bank

Aspek Lingkungan

Dalam aspek ini akan diuraikan mengenai maksud dan tujuan pendirian perusahaan, permodalan, para pemegang saham saat ini, komisaris dan direksi serta ijin-ijin yang telah diperoleh sampai saat ini.

INGIN TAHU LEBIH LANJUT...

Untuk mengetahui program dan pelatihan kami selengkapnya, kirimkan pesan anda...