PELATIHAN PENILAIAN KESEHATAN NASABAH...

Masalah kredit yang tidak terbayarkan merupakan masalah yang paling sering terjadi dalam operasional perbankan dan lembaga keuangan lainnya. Hal ini semakin diperburuk dengan kondisi ekonomi yang cenderung tidak terduga. Dalam manajemen kredit yang baik, tindakan terbaik pengelolaan kredit adalah pencegahan, bukan penyembuhan.

Salah satu tolok ukur dalam pencegahan kualitas kredit yang buruk adalah membuat suatu ukuran standar dalam penilaian calon nasabah. Credit scoring merupakan suatu alternatif penilaian calon nasabah (kreditur) yang dianggap efisien dan efektif dalam penilaian calon nasabah (kreditur).

TUJUAN PELATIHAN PENILAIAN KESEHATAN NASABAH...

Peserta mendapatkan materi pembelajaran yang komprehensif dari pengajar yang ahli dan berpengalaman dan peserta mampu menerapkan dalam kegiatan perbankan.

EVALUASI DAN DOKUMEN PENDIDIKAN

MATERI DAN SILABUS PELATIHAN PENILAIAN KESEHATAN NASABAH

MATERI

"CREDIT SCORING"

Tujuan :

Memberikan pemahaman mengenai credit scoring kepada para bankir, sehingga para bankir mampu menyusun analisis kredit dan melakukan pengambilan keputusan berdasarkan analisis yang telah dibuat.

1.Pengantar Manajemen Risiko

  • Pentingnya manajemen risiko

  • Risk appetite

  • Risk exposure

  1. Manajemen Kredit dan Analisis Calon Nasabah

  • Proses kredit

  • Analisis teknik (keuangan, legalitas, dan administratif)

  • Analisis 5C (Character, Capacity, Capital, Condition, Collateral)

  • Analisis 5P (Personality, Purpose, Prospect, Payment, Party )

  • Analisis 3R (Return, Repayment, Risk Bearing Activity )

3.Prinsip Scoring dan Balanced Score Card

  • Pemanfaatan Skala Lickert

  • Konsep balanced score card

  • Contoh credit scoring

4.Credit Scoring

  • Penentuan indikator 5C

  • Penentuan indikator 5P

  • Penentuan indikator 3R

  • Penentuan indikator tambahan

5. Praktik Pembuatan Credit Scoring

INGIN TAHU LEBIH LANJUT...

Untuk mengetahui program dan pelatihan kami selengkapnya, kirimkan pesan anda...