(Indonesia) Identifikasi Karakter Nasabah

IKHTISAR

Latar Belakang
           Nasabah merupakan salah satu stakeholder penting bagi perbankan. Bank sebagai perusahaan yang bergerak di bidang jasa keuangan selalu berinteraksi dengan nasabahnya. Bagi perbankan, interaksi terhadap nasabah merupakan  faktor yang sangat mendasar dalam mencapai tujuan yang ingin dicapai perusahaan.

Pemahaman terhadap nasabah dalam persepsi sebagai subyek bisnis, bukan sebagai obyek bisnis, menempatkan perhatian yang khusus. Oleh karenanya, diperlukan pemahaman untuk mengenali karakter nasabah melalui penerapan instrumen-instrumen tertentu yang akan memudahkan identifikasi nasabah.

Tujuan
Tujuan pelaksanaan pelatihan ini adalah meningkatkan pengetahuan dan pemahaman peserta terhadap :

  1. Meningkatkan pemahaman terhadap nasabah secara lebih komprehensif.
  2. Meningkatkan pemahaman terhadap nasabah secara lebih spesifik sebagai individu yang unik pada posisi dan sebagai mitra dan klien serta pada fungsi sebagai aset perusahaan.
  3. Meningkatkan pemahaman peserta terhadap instrumen yang dapat digunakan untuk melakukan identifikasi karakter nasabah.
  4. Meningkatkan kemahiran peserta menganalisis willingness to pay sesuai karakter nasabah.
MATERI
No Materi Pokok Bahasan

1

Karakter Nasabah

a. Manajemen berbasis kepribadian
b. Siapa nasabah kita
c. Posisi, peran dan fungsi nasabah

2

Kepribadian

a. Pengertian kepribadian dan karakter
b. Keinginan dan kebutuhan dasar manusia
c. Hierarki Maslow

3

Tools/ Instrumen Identifikasi Kecenderungan Kepribadian Dan Karakter

 

a. Data administrasi
b. Observasi dan wawancara (isiologi, frenologi, body language)
c. Referensi psikologi (tipologi dan grafologi)
d. Pengalaman empiris
e. Rekomendasi dan informasi pihak lain

4

Mengenali Tipologi Kepribadian

a. Kuesioner karakter diri
b. Tipologi kepribadian versi Hipocrates
c. Gambaran perilaku masing-masing karakter sesuai lokasi

5

Analisis Kemauan Membayar

a. Waspada terhadap Hallo & Devil Effect
b. Faktor yang mempengaruhi kemauan membayar

c. Tools identifikasi kemauan membayar
d. Tahapan pengambilan keputusan untuk rekomendasi

6

Probing

a. Teknik probing
b. Praktek probing

METODOLOGI

Metode
Pelatihan disampaikan dalam bentuk pemberian materi oleh instruktur dan diskusi topik (67%), serta kunjungan lapang (33%).

Peserta
Peserta merupakan account officer, analis kredit, risk management, auditor atau yang menangani perkreditan di perbankan dan lembaga keuangan lainnya
.

Pelaksanaan
Pelatihan dilaksanakan secara reguler di Bogor, Bandung dan Bali.

 

TRAINER


Dra. Tynsusi  Nurhidayati, Psi.

Bidang Keahlian:

  1. Psikologi
  2. Coaching & Conseling
  3. Instruktur Pelatihan Identifikasi
  4. Head Psikolog, Biro Psikologi Optima
  5. Praktisi Psikologi


Lucki Lukmanulhakim, Psikolog. Ch,
CHt, CNNLP.

Bidang Keahlian:

  1. Psikolog
  2. Hypnotheraphy dan Neo NLP
  3. Praktisi SEFT (Spiritual Emotional Freedom Technique )
  4. Trainer Soft skills & HRD Management
  5. Konsultan SDM


Eva Sadrina, Psi.

Bidang Keahlian:

  1. Psikologi
  2. Trainer
  3. Pemilik Biro Psikologi Q-Shi
  4. Pengamat, Pewawancara dan Evaluator Selesa Management Consultant
DOWNLOAD BROSUR PELATIHAN (PDF)
PENDAFTARAN

HALAMAN PENDAFTARAN