Webinar Lihat Kebunku….: Inspirasi Tentang Berdaya dan Berbagi untuk Mendukung Inisiatif Pekarangan Pangan Lestari

Dalam rangka mendukung program Pekarangan Pangan Lestari dan juga membantu UKM menghadapi situasi sulit akibat pandemi Covid-19, Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) melakukan Webinar Lihat Kebunku….: Inspirasi Tentang Berdaya dan Berbagi untuk Mendukung Inisiatif Pekarangan Pangan Lestari pada tanggal 3 Oktober 2020. Kegiatan webinar diikuti oleh ± 168 orang peserta webinar di ruang zoom.

Kegiatan Webinar diisi dengan pemberian motivasi untuk dapat menyediakan kebutuhan pangan keluarga di pekarangan yang dimiliki, baik dengan berkebun sayur di pekarangan maupun dengan budidaya ikan air tawar. Materi kemudian dilanjutkan dengan budidaya ikan dalam ember dan sharing session mengenai budidaya hidroponik. Kegiatan webinar tersebut diisi oleh pembicara-pembicara dari berbagai kalangan, seperti Arumi Bachsin (Ketua PKK Provinsi Jawa Timur), Tantrisyalindri Ichlasari (praktisi hidroponik), dan Juli Nursandi (Founder Budikdamber Indonesia).

Kegiatan Webinar merupakan puncak dari program pelatihan dan pendampingan yang dilakukan SETC, yaitu program Satu UKM-Satu Kebun. PT Prima Kelola IPB sebagai mitra pengelola program pelatihan SETC, mengambil peran dalam pelaksanaan rangkaian program pelatihan dan pendampingan Satu UKM-Satu Kebun, salah satunya adalah program Berkebun Sayur di Pekarangan, yang telah berhasil mendampingi 9 UKM dampingan SETC untuk dapat berkebun sayur di pekarangan rumah dan berdampak pada pemenuhan kebutuhan pangan keluarga serta lingkungan sekitarnya, bahkan ada yang telah mampu untuk menjual hasil berkebun sayur di pekarangan.

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of