Program Pelatihan dan Pendampingan Satu UKM-Satu Kebun

Pandemi Covid-19 membawa dampak yang sangat besar kepada UKM. Banyak UKM yang mengalami penurunan omset yang sangat besar atau bahkan berhenti produksi. Oleh sebab itu, dalam upaya membantu UKM terutama dalam ketahanan pangan keluarga, PT Prima Kelola IPB sebagai mitra pelaksana program Sampoerna Entrepreneurship Training Center (SETC) melakukan program Pelatihan dan Pendampingan Satu UKM-Satu Kebun, yang berisi dengan berbagai kegiatan program, salah satunya Berkebun Sayur di Pekarangan.

Program pelatihan dan pendampingan dilaksanakan pada 16 Juli – 13 Agustus 2020 dengan 3 (tiga) tahap pelatihan dan 2 (dua) tahap pendampingan, serta diikuti oleh 13 orang peserta. Adapun materi yang diberikan selama program pelatihan dan pendampingan meliputi motivasi keuntungan dan manfaat berkebun sayur di pekarangan rumah, berbagai macam teknik budidaya yang dapat dilakukan di pekarangan, analisa usaha, dan peluang-peluang usaha yang dapat dihasilkan dari berkebun sayur di pekarangan. Dalam pelaksanaan program pelatihan dan pendampingan ini dilakukan juga konsultasi dan sharing, baik pada saat pelatihan, pendampingan, maupun melalui WAG, sehingga permasalahan atau kendala yang dihadapi peserta dapat segera dipecahkan. Pada akhir program, terdapat 9 orang peserta yang berhasil bertahan dan terus melakukan kegiatan berkebun sayur di pekarangan hingga saat ini.

Puncak acara program Satu UKM-Satu Kebun adalah Webinar Lihat Kebunku…: Inspirasi Tentang Berdaya dan Berbagi untuk Mendukung Inisiatif Pekarangan Pangan Lestari, yang dilaksanakan pada tanggal 3 Oktober 2020. Pada kegiatan webinar tersebut, peserta program Berkebun Sayur di Pekarangan yang dinilai berhasil dan berdampak melakukan testimoni dalam bentuk video

Leave a Reply

Be the First to Comment!

avatar
  Subscribe  
Notify of